Feminisme Posmodern Melalui Metafora Dalam Lagu La Grenade Karya Clara Luciani

  • Raisa Meuthia Universitas Indonesia
  • Ismirani Mardalena Universitas Indonesia
Keywords: metafora, feminisme posmodern, Clara Luciani, La Grenade

Abstract

Lirik lagu merupakan media untuk mengekspresikan pikiran dan emosi sang pencipta karya mengenai permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat khususnya yang mengelilingi keberadaan mereka. Dalam hal ini, musik dapat menjadi suatu aksi perlawanan yang disampaikan sang pencipta lagu, yaitu misalnya mengenai kondisi perempuan di masyarakat yang masih kerap dipandang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan resistensi wacana patriarki berdasarkan pemikiran feminisme posmodern melalui metafora yang ditemukan di dalam lirik lagu “La Grenade” karya Clara Luciani. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kepustakaan sebagai teknik pengumpulan data. Selanjutnya, lirik lagu dikaji dengan teori analisis komponen makna teori metafora dan konsep feminisme posmodern. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat dua jenis metafora, yaitu metafora konkret ke abstrak dan juga metafora kehewanan. Makna metafora yang digunakan merupakan sebagai bentuk ekspresi keluh kesah sang penyanyi menjadi seorang perempuan di dalam masyarakat patriarki sehingga ia berusaha untuk melawannya. Hal ini ia lakukan dengan menggunakan dua kata oposisi metafora dalam kalimat yang sama agar dapat lebih mudah memperlihatkan sisi kelebihan dan kekuatan yang dimiliki oleh perempuan yang selama ini tidak terlihat oleh masyarakat. Ditemukan pula bahwa resistensi dirinya terhadap wacana patriarki sejalan dengan pemikiran feminisme posmodern di mana ia berhasil membangun identitas baru bagi dirinya sebagai seorang perempuan yang lepas dari pemikiran masyarakat patriarki atas pendefinisian perempuan.

References

Alain, R. E. Y. (2005). Dictionnaire culturel en langue française. Dictionnaires Le Robert
Apriyanti, F, (2022). An Analysis of Feminism in Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak Movie. Attractive : Innovative Education Journal, 4(1).61-68.
Ardiansyah, A., & Pangaribuan, M. (2012). ANALYSE DE METAPHORE DANS LE MAGAZINE. HEXAGONE Jurnal Pendidikan, Linguistik, Budaya dan Sastra Perancis, 1(1).
Camp, E. M. (2003). Saying and seeing-as: the linguistic uses and cognitive effects of metaphor. University of California.
Poetiray, K. J. C., Suryawati, I. G. A. A., & Sugiarica, I. D. A. (2021). Representasi Feminisme dalam Video Klip Lagu God is a woman (Analisis Semiotika Roland Barthes). E-Jurnal Medium, 1(1), 173-179.
Clara Luciani – La Grenade. (n.d.). Genius. https://genius.com/Clara-luciani-la-grenade-lyrics
Dessiliona, T., & Nur, T. (2018). Metafora Konseptual dalam Lirik Lagu Band Revolverhead Band Album In Farbe (Conceptual Metaphor in Songs Lyric Revolverheld Band Album in Farbe). SAWERIGADING, 24(2), 177-184. http://dx.doi.org/10.26499/sawer.v24i2.524
Dewi, F. P. K., Astuti, P. P., & Novita, S. (2020). Metafora dalam Lirik Lagu Agnez Mo : Kajian Semantik. Jurnal Sastra, 9(2), 72-80.
Fairclough, K. (2012). Nothing less than perfect: Female celebrity, ageing and hyper-scrutiny in the gossip industry. Celebrity Studies, 3(1), 90-103.
Fajri, R. A., & Kirana, A. W. (2020). Pandangan Feminisme dalam Lagu Dear Future Husband Oleh Meghan Trainor. Etnolingual, 4(2), 104–125. https://doi.org/10.20473/etno.v4i2.23129
Fardanira, R., & Laksman-Huntley, M. (2021). Métaphore de l’Amour dans les Paroles de l’Album « D’eux » de Céline Dion. Lingua Litteria Journal, 8(2), 121-127. https://doi.org/10.15294/ll.v8i2.48966
Frug, M. J. (2014). Postmodern legal feminism. Routledge.
Gerbet, M. 2021. La communication engagée des entreprises : le cas du féminisme. [Tesis, Sorbonne Université]. Celsa Sorbonne Université. http://chiennesdegarde.fr/wp-content/uploads/2021/02/MEMOIRE-CELSA-MarineGerbet.pdf
Gill, R., & Orgad, S. (2018). The shifting terrain of sex and power: From the ‘sexualization of culture’to# MeToo. Sexualities, 21(8), 1313-1324.
Hu, Y., Mu, Y., & Huang, Y. (2020, May). The# MeToo narrative: Reconstructing the cultural intelligibility of female subjects. In Women's Studies International Forum (Vol. 80, p. 102365). Pergamon.
Islam, S. (2018). Anzaldua’s Borderlands/La Frontera: The Deconstruction of Phallogocentric Narratives. A Journal of English Studies, 9.
Josephin, S. R. V. 2020. Perempuan Sebagai Manusia yang Bebas: Sebuah Sumbangan Pemikiran Feminis Kristen dalam Upaya Membebaskan Perempuan. [Skripsi, Universitas Kristen Duta Wacana]. Katalog Universitas Kristen Duta Wacana. https://katalog.ukdw.ac.id/4076/
Knowles, M. & Moon, R. (2006). Introducing Metaphor. Routledge.
Laila, R. N., Sukmaningrum, R., & Ambarini, R. (2021). The Analysis of Metaphor in the Second Album of Secondhand Serenade. The 1st Undergraduate Conference on Applied Linguistics, Linguistics, and Literature, 1(1), 73-81.
Lakoff & Johnson. (2003). Metaphor We Live By. University of Chicago Press.
Laroche, S. (2018, Januari 12). Clip exclu : "La Grenade" de Clara Luciani n’en finira pas de résonner dans vos têtes. Konbini. https://www.konbini.com/fr/entertainment-2/clip-clara-luciani-la-grenade/
Latifah, E. N. (2017). Metafora dalam Album Lagu Unter Dem Eis Karya Eisblume. Universitas Negeri Yogyakarta.
Lecoeuvre, F. (2019, Desember 22). Les raisons qui ont poussé Clara Luciani a écrire sa chanson "La Grenade". Europe 1. https://www.europe1.fr/culture/les-raisons-qui-ont-pousse-clara-luciani-a-ecrire-sa-chanson-la-grenade-3938591
Leech, G. (1981). Semantics: The Study of Meaning. Penguin
Levit, N., Verchick, R. R., & Minow, M. (2016). Feminist legal theory: A primer (Vol. 74). NYU Press.
Octavius, B. P. V. (2022). Metafora Kebebasan Dalam Lirik Lagu Di Album Les Failles Karya Pomme. In S. R. Rusdiarti, M. Laksman-Huntley, R. S. Hidayat, & S. Sondakh (Eds.), Kajian Prancis dan Frankofon: Isu Kontemporer dan Tantangan Masa Depan. Wedatama Widya Sastra.
Perdana, B. A., & Laksman-Huntley, M. (2019). La métaphore dans le poème Océan de Victor Hugo. Digital Press Social Sciences and Humanities, 3, 00009.
Rini, K. P., & Fauziah, N. (2019). "FEMINISME DALAM VIDEO KLIP Blackpink: Analisis Semiotika John Fiske Dalam Video Klip Blackpink DDU-DU DDU-DU." Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(2), 317-328.
Roy, S. (2016). Motherhood in management: a paradigm shift.
Rulianty, C., Lindawati., Bahren., & Hidayat, H. N. (2017). Metafora Pada Desain Kaos Produksi Kapuyuak dan Konco Clothing. Jurnal Elektronik WACANA ETIK, 6(2), 56-66.
Tiana, R. M., & Hastuti, I. W. (2020). ANALISIS MAKNA METAFORA DALAM LIRIK LAGU “IGNITE”. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 6(2), 218-222
Tong, R. (2018). Feminist Thought: A More Comprehensive Introduction. Boulder. University of North Carolina.
Triaselini, D., & Laksman-Huntley, M. (2018). Metafora dalam Album Racine Carrée Karya Stromae. INUSHARTS (International Young Scholars Symposium), 2(1), 1-19.
Tuncer, G., & Yucel, S. C. (2014). Comfort and anxiety levels of women with early stage breast cancer who receive radiotherapy. Asian Pacific Journal of Cancer Prevention, 15(5), 2109-2114.
Ullmann, S. (2007). Pengantar Semantik. Pustaka Pelajar.
Published
2023-12-31
How to Cite
Raisa Meuthia, & Ismirani Mardalena. (2023). Feminisme Posmodern Melalui Metafora Dalam Lagu La Grenade Karya Clara Luciani. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 3(3), 714-732. https://doi.org/10.58218/alinea.v3i3.814