Pelatihan Pembelajaran Berbasis Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathemathics) Dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Sd Gugus Iii Gunungsari, Lombok Barat

  • Laila Hayati Universitas Mataram, NTB
  • Syahrul Azmi Universitas Mataram, NTB
  • Muhammad Turmuzi Universitas Mataram, NTB
  • Junaidi Universitas Mataram, NTB
  • Ratna Yulis Tyaningsih Universitas Mataram, NTB
Keywords: science, technology, engineering, arts and mathematics (steam), guru sd, matematika

Abstract

Sebagian besar guru di SD Gugus III Gunungsari belum memahami konsep Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) serta implementasinya untuk meningkatkan suasana pembelajaran yang bermakna serta mengasyikkan. Sebagian besar guru masih memakai model serta pendekatan konvensional di kelas. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan tentang konsep STEAM serta contoh implementasinya dalam pembelajaran di SD. Melalui aktivitas-aktivitas dalam pengabdian ini, dapat meningkatkan kompetensi serta profesionalisme guru- guru SD Gugus III Gunungsari, Lombok Barat. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini telah efektif meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru-guru Gugus III Gunungsari, Lombok Barat dalam merancang pembelajaran STEAM, khususnya di SD. Guru-guru sangat antusias mengikuti kegiatan aktivitas peserta pengabdian dalam diskusi, dan berlangsung sangat komunikatif.

References

Aisyah, N., Hawa, S., Somakim, P. H., & Masrinawatie. (2011). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi.

Hayati, L., Junaidi, Kurniati, N., & Hikmah, N. (2019). PELATIHAN PEMANFAATAN METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL UJIAN NASIONAL (UN) MATEMATIKA BAGI GURU-GURU SD DI LOMBOK BARAT. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 402-406.

Kemdikbud. (2021, Desember). Direktorat Sekolah Menengah Pertama. Retrieved from Direktorat Sekolah Menengah Pertama: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/steam-pendekatan-pembelajaran-guna-mengembangkan-keterampilan-abad-21/

Prasasti, D., Awalina, F., & Hasana, U. U. (2020). Permasalahan Pemahaman Konsep Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas 3 Semester 1. MANAZHIM: Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 45-53., 2(1), 45-53.

Putri, B. B., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V di SDN 4 Gumiwang. Jurnal EDUCATIO FKIP UNMA. 5 (2), 68-74., 5(2), 68-74.

Santi, C., Helmon, A., & Sennen, E. (2021). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 31-40.

Sari, P. K., Saputra, D. W., Farihen, & Winata, W. (2021). STEAM: Sains, Teknologi, Engineering, Art and Mathematics. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

SEAMEO. (2021). Introduction to STEAM Education. Retrieved from https://fliphtml5.com/oqyxc/moce/basic: https://fliphtml5.com/oqyxc/moce/basic

Soares, N., Evans, T., & Patel, D. R. (2018). Specific Learning Disability in Mathematics: a Comprehensive Review. Transl Pediatr, 7(1), 48-62.

Published
2023-12-28
How to Cite
Hayati, L., Azmi, S., Turmuzi, M., Junaidi, & Yulis Tyaningsih, R. (2023). Pelatihan Pembelajaran Berbasis Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathemathics) Dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Sd Gugus Iii Gunungsari, Lombok Barat. Kreasi: Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 537-546. https://doi.org/10.58218/kreasi.v3i3.759
Section
Articles